Translate

Membuat Rangkaian Electrocardiography ( ECG / EKG ) Penyadap Sinyal Jantung

Membuat Rangkaian Electrocardiography ( ECG / EKG ) Penyadap Sinyal Jantung


       Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai bagaimana cara membuat sebuah alat yang mampu menyadap sinyal jantung atau biasa disebut dengan electrocardiography. alat ini sangat sederhana sekali hanya menggunakan beberapa buah op-amp sebagai amplifier atau penguat dan juga sebagai filter aktif, tak lupa filter pasif pun juga turut terlibat didalamnya, yang penting frekuensi ECG adalah 0.05 Hz sampai 100 Hz dan filter notch 50 Hz harus sangat diperhatikan. untuk lebih jelasnya berikut adalah skemanya.


1.  Untuk rangkaian ECG Lead 1, penempatan elektroda yaitu pada elektrode negatif di lengan kanan (1),elektrode positif  di lengan kiri (2) dan ground di kaki kanan.

2.  Untuk rangkaian ECG Lead 2, penempatan elektroda yaitu pada elektrode negatif (1) di lengan kanan dan elektrode positif (2) di kaki kiri dan ground di kaki kanan.

3.  Untuk rangkaian ECG Lead 3, penempatan elektroda yaitu pada elektrode negatif (1) di lengan kiri dan elektrode positif (2) di kaki kiri dan ground di kaki kanan.





a. Rangkaian ECG / EKG





b. Layout PCB






c. Gambar Alat








d. Skematik Power Supply 5v || GND || -5v
  
*NOTE :
1. PIN 6 Connect to GND
2. PIN 8 Connect to 5v         





e. Gambar Sinyal Output






f. Video Hasilnya















4 comments: