Translate

JUAL MODUL KENDALI MENGGUNAKAN KONTROL WAKTU

JUAL MODUL KENDALI MENGGUNAKAN KONTROL WAKTU

Harga : Rp. 1.500.000

      



1. Penjelasan Alat dan Gambar :

             Alat ini baik digunakan untuk kendali beberapa device atau perakat yang menggunakan control timer / pewaktu, terdapat mikrokontroller yang berfungsi sebagai pengolah data sensor suhu dan juga eksekutor perangkat melalui relay dan transistor, sensor suhu yang dipakai adalah DHT11 yang memikliki error 2%, jadi cukup bagus jika digunakan sebagai sensor yang akurat. Terdapat modul RTC atau Real Time Clock yang berfungsi sebagai pengatur waktu yang diinginkan, jadi pengguna bisa men-setting kapan waktu nyala misal pompa dan juga waktu matinya. Dilengkapi juga dengan tombol yang digunakan untuk men-setting waktu on dan off-nya.

A.  Pada Gambar yang ditunjukkan oleh anak panah A adalah empat buah tombol yang berfungsi untuk setting, input data dan menyimpan data.

B. Pada anak panah B adalah RTC (Real Time Clock) module yang berfungsi sebagai control waktu dan timer, baik itu hari / tanggal dan juga jam , jadi saat mikrokontroller dalam keadaan mati atau off, jam yang akan ditampilkan saat mikrokontroller dihidupkan kembali adalah benar atau menunjukkan waktu sekarang

C. Pada anak panah C adalah sebuah LCD display yang berfungsi untuk menampilkan data baik itu tulisan maupun jam dan tanggal

D. Pada anak panah D adalah modul relay yang berfungsi untuk menghidupkan atau mematikan pompa dengan batas maksimal arus adalah 10A.

E. Pada anak panah E adalah mikrokontroller ATMega16 yang berfungsi untuk mengolah data baik itu data analog maupun digital, dan juga sebagai eksekusi data dari sensor maupun dari device lainnya

F. Pada anak panah F adalah sebuah battery CR 2023 yang digunakan sebagai supply RTC agar saat mikro tidak diberikan tegangan, IC RTC tetap berjalan, sehingga data yang ditampilkan adalah data real time.

G. Pada anak panah G adalah sebuah transistor 2N3904 yang berfungsi sebagai saklar ON/OFF kipas, kipas membutuhkan tegangan 12 volt dc sedangkan mikrokontroller hanya bisa memberikan 5 v dc, sehingga dipakailah transistor.




2. Skematik Alat






3. Video Demo Alat dan Cara Penggunaan

















No comments:

Post a Comment