Translate

TUTORIAL MEMBUAT ALAT DENGAN RFID RDM630 / RDM6300

TUTORIAL MEMBUAT ALAT DENGAN RFID RDM630 / RDM6300
          

          Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai pembuatan alat yang berbasis RFID menggunakan RDM630, jadi alat yang akan dibuat sangatlah sederhana yaitu hanya untuk menampilkan nilai kartu (Tag Card) pada LCD mikrokontroller, untuk mikrokontroller yang digunakan pada alat ini yaitu ATMega16, jika menggunakan jenis ATMega yang lain tidak masalah, hanya perlu penyesuaian pada program Bascom-AVR nya. Alat ini hanya untuk menampilkan nilai Tag Card / kartu pada LCD sehingga perlu ditambahkan output misalnya berupa led, buzzer dan yang lain untuk membuat alat ini dapat berjalan dan diminati banyak orang.
 
1. Prinsip Kerja Alat
       Prinsip kerja alat ini sangatlah sederhana, yaitu modul RFID RDM630 terdapat antena yang mana antena ini merupakan reader atau alat pembaca tag card, sehingga tag card harus didekatkan ke antenna ini, antenna modul ini berupa lilitan yang membentuk persegi panjang, dari antenna tersebut data dikirimkan ke bagian penerjemah input yang telah terdapat pada modul, dari modul RDM630 data dikirimkan ke mikrokontroller melalui port RX dan TX. Setelah data diterima oleh mikrokontroller, data tersebut dipilah, jadi ada data yang layak tampil dan ada yang tidak layak, untuk yang layak tampil, akan ditampilkan ke LCD namun jika tidak layak tampil seperti karakter dan lainnya, akan dihapuskan dari LCD. 


2. Modul RDM630
           Modul RDM630 adalah modul yang digunakan untuk membaca kode dari tag card. Modul ini tidak bisa menampilkan secara mandiri mengenai kode yang dibacanya sehingga memerlukan device lain sebagai penampil. Terdapat 2 port yang digunakan untuk komunikasi ke device lain yaitu port Rx dan TX. Gambar 6.26b adalah gambar dari modul RDM630 dan konfigurasinya.


         Modul RFID RDM630 ini memliki dua buah jenis mode output yaitu output TTL interface RS232 data format dan WEIGAND, sehingga harus teliti didalam pengaturan konfigurasinya, untuk mode output  pada alat yang akan dibuat adalan mode TTL interface data format. Untuk setting-an kedua mode output  tersebut seperti gambar 6.26c




            Port 1 dan 2 pada P2 digunakan untuk menghubungkan modul RDM630 ke reader, untuk readernya telah disediakan pada saat pembelian modul ini yang mana reader berupa lilitan kawat tembaga yang telah didesain khusus untuk membaca tag card. Modul ini membutuhkan tegangan input VCC sebesar 5v untuk mengaktifkan readernya. Pada baris port P3 terdapat satu pin yang digunakan sebagai led, maksudnya yaitu untuk sebagai indikator kalau modul telah siap untuk membaca tag card.  
           Untuk menghubungakan antara modul RFID RDM630 dengan mikrokontroller yaitu port RX dari modul RDM630 masuk ke port TX minimum system ATMega16 dan port TX dari modul RDM630 masuk ke port RX minimum system ATMega16, seperti penjelasan Gambar 6.26d berikut.


3. Tag Card
             Tag card adalah sebuah instrument yang didalamnya berisi kode-kode tertentu yang bisa dibaca oleh suatu alat tertentu, Tag card biasanya memiliki 2 bentuk yaitu berbentuk kartu dan berbentuk gantungan kunci,  namun pada alat ini menggunakan tag card yang bentuk kartu, seperti Gambar 6.26e



           Setiap tag card memiliki konfigurasi kode yang berbeda-beda, variabel kodenya yaitu melingkupi huruf A - Z dan dicampur angka 1 – 9 sehingga kemungkinan untuk kode tersebut ada yang sama pada satu kartu dengan kartu lainnya sedikit sekali



4. System Minimum ATMega16 


5.Program Bascom AVR

$regfile = "m16def.dat"
$crystal = 12000000
$baud = 9600

'Konfigurasi LCD
Config Lcdpin = Pin , Rs = Portc.0 , E = Portc.1 , Db4 = Portc.2
Config Lcdpin = Pin , Db5 = Portc.3 , Db6 = Portc.4 , Db7 = Portc.5
Config Lcd = 16 * 2

Dim Cek As String * 20
Dim Datas As String * 20
Dim Id As String * 20
Dim I As Integer

Cls
Cursor Off
Locate 1 , 1
Lcd "==RFID RDM630=="
Wait 1

Mulai:


Datas = ""
I = 0
Do
Cek = Inkey()
If Cek <> "" Then
Incr I
Datas = Datas + Cek
Id = Mid(datas , 5 , 10)
End If
Loop Until I > 13
I = 0
Cls
Cursor Off
Locate 1 , 1
Lcd "Data ID: "
Locate 2 , 1
Lcd Id
Wait 1


  
  
6. Cara Penggunaan Alat

         Cara penggunaan alat ini yaitu memberikan catu daya atau VCC sebesar 9v ke bagian sumber tegangan minimum system, maka LCD akan menyala dan akan tampak tulisan “RDM630”, langkah kedua adalah menghubungkan modul RDM630 dengan minimum system seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kemudian dekatkan tag card atau kartu ke reader dari modul RDM630 yang berupa lilitan berbentuk persegi, dengan begitu akan tampak nilai atau code dari tag card / lartu tersebut pada layar LCD.


7. Cara Menghubungkan RDM630 / RDM6300 ke MCU dan PC / Komputer



8. VIDEO HASILNYA







10 comments:

  1. Replies
    1. Mas sy juga mau dong program yg pke cv avr.
      tulusandrian90@gmail.com
      Trima kasih

      Delete
  2. Mas sy juga mau dong program yg pke cv avr.
    tulusandrian90@gmail.com
    Trima kasih

    ReplyDelete
  3. Mas Yanuar saya hubungkan ke micro kok ga bisa yaa, tag nya ga terkirim ke komputer. trims

    ReplyDelete
  4. Mas boleh liat program yang pake cv avr
    Muhammadazzam84@gmail.com
    Terima kasih mas

    ReplyDelete
  5. mas seandainya rfidnya tidak dihubungklan sama port serial komputer apakah masih bisa jalan atau tidak..??

    ReplyDelete
  6. Kalau mau lihat koding pakai cv avr silanhkan kunjungi link ini
    http://kursuselektronikaku.blogspot.co.id/2016/06/mengakses-rfid-id-12-atau-rdm6300.html?m=0

    ReplyDelete
  7. Maaf pak... Jika mohon dibuatkan jadi tinggal pakai brp biaya ya pak.. butuhnya hanya mencatat waktu kedatangan saja

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete