Translate

Membuat Pre-MIC dan Speaker Active Sendiri


Membuat Speaker Active Sendiri
             Hobi mendengarkan musik pasti tidak lepas dengan yang namanya speaker aktif, speaker aktif keberadaannya sangat dibutuhkan sekali dimasyarakat, terutama sebagai alat untuk mengeluarkan musik dari pemutar musik, sehingga lagu bisa didengarkan dengan baik dan enak untuk dinikmati.
            Terfikir bahwa membuat sebuah speaker aktif itu sulit, tapi kenyataannya jika dibuka rangkaiannya dan dilihat satu persatu, pasti akan berubah pikiran. Membuat sebuah speaker aktif itu hal yang mudah, hanya membutuhkan komponen yang umum dipakai, memang yang sulit adalah menemukan IC decodernya yang mengubah dari output sound card ke dalam suara yaitu IC TDA2822M. Berikut adalah gambar dari speaker aktif tersebut
          Speaker aktif ini hanya memerlukan tegangan VCC sebesar 5 Volt sehingga untuk menghidupkannya bisa menggunakan tegangan VCC dari port USB yang mengeluarkan VCC 5 volt.

Rangkaian Speaker Active 

Bahan-bahan :
a. IC TDA2822M x 1 buah
b. Speaker 4ohm/1w x 2 buah
c. Resistor 47Kohm x 2 buah
d. Variabel Resistor 47Kohm x 2 buah
e. Resistor 1 ohm x 1 buah
f. Resistor 680 ohm x 1 buah
g. Resistor 4,7 ohm x 2 buah
h. Led 3mm x 1 buah
i. Capasitor 100n x 5 buah
j. Capasitor Polar 100uF/25v x 4 buah
k. Capasitor Polar 100uF/16v x 1 buah
l. Tombol On/Off x 1 buah

  
                 Untuk membuat rangkaian Pre-Mic hanya dibutuhkan beberapa komponen saja, yaitu resistor, capasitor, transistor dan sebuah micodenser untuk input suara, kegunaan Pre-Mic adalah untuk menguatkan sinyal suara tahap pertama yang mana setelahnya output dari pre-mic ini akan dikuatkan oleh amplifier TDA2822M diatas. berikut dalah skematiknya.


Rangkaian Pre-MIC

  

Cara Penggunaan Alat

            Cara penggunaan dari alat ini yaitu bagian VCC diberi tegangan 5volt dan bagian input sambugkan ke pemutar musik atau sound card computer sehingga speaker akan mengeluarkan suara, untuk mengatur volume suara dapat diatur dari variabel resistor 47K sebagai pengatur input suara untuk membagi kepada ke dua buah speaker. Hubungkan output Pre-Mic ke input speaker aktif, lalu atur volume amplifier dan volume dari pre-mic nya, jika berhasil maka suara akan terdengar nyaring  ke udara tanpa noise dan dengung..


No comments:

Post a Comment