Translate

Membuat Alat Pengendali Intensitas Cahaya Lampu (DIMMER) 220v


Membuat Alat Pengendali Intensitas Cahaya Lampu (DIMMER) 220v
             Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai bagaimana cara membuat sebuat alat yang dapat mengontrol intensitas cahaya lampu 220 volt AC, jadi misal cahaya lampu di rumah atau disuatu tempat terlalu terang maka bisa diredupkan menggunakan alat ini, lampu yang digunakan yaitu lampu bohlam standart yang biasa dipakai dirumah. 
         Jadi alat ini menggunakan mikrokontroller ATMega8 dengan komponen pengendali berupa MOC3021 dan TRIAC BTA41, sebenarnya alat ini tidak hanya bisa mengendalikan intensitas cahaya lampu namun mengendalikan kecepatan putaran motor AC pun bisa, sehingga alat ini bisa dimodifikasi menjadi pengontrol peralatan rumah tangga dengan biaya yang relatif terjangkau, sistem pengendalian alat ini ke tegangan AC yaitu menggunakan PWM (pulse width modulation) yang mana semakin besar lebar pulsa maka akan semakin teran gintensitas cahaya lampu yang dikeluarkan, sebaliknya semakin kecil lebar pulsa maka lampu akan semakin redup hingga mati.

Prinsip Kerja Alat
             Alat pengendali intensitas cahaya lampu ini menggunakan sistem PWM didalam mengendalikan tegangan AC, terdapat mikrokontroller ATMega8 sebagai device pemberi sinyal PWM, kemudian terdapat potensiometer yang digunakan untuk input / pengatur besarnya pulsa PWM yang akan dikeluarkan, kemudian PWM dari mikrokontroller diterima oleh MOC3021 yang akan mengaktifkan led inframerah internal sehingga DIAC yang terdapat didalamnya dapat aktif, setelah MOC3021 aktif maka akan mengendalikan TRIAC BTA41 yang mana dapat mengendalikan intensitas cahaya lampu AC 220 volt, untuk lebih jelasnya perhatikan bagan berikut.
 

 
            Potensiometer digunakan untuk memberikan input ADC dari 0 sampi 255, nilai 0 – 255 digunakan untuk output PWM yang akan dikeluarkan oleh mikrokontroller jadi jika ingin lampu menyala terang hanya perlu putar potensiometer ke angka 255 namun jika ingin lampu mati atau redup bisa diberikan nilai 10 sampai 0, jadi output PWM yang akan dikeluarkan oleh mikrokontroller tergantung pada nilai input yang diberikan oleh potensiometer 50k.



 Rangkaian Hardware
                   Rangkaian hardware yang dibutuhkan untuk membuat alat ini tidaklah banyak yaitu minimum sistem ATMega8 yang tealah terhubung LCD dan potensiometer selain itu membutuhkan juga rangkaian hardware pengendali tegangan AC berupa IC MOC3021 dan TRIAC BTA41, untuk lebih jelasnya berikut uraian masing-masingnya.

 a. Minimum System ATMega8


 
b. Rangkaian Pengendali Tegangan AC



 Bahan – bahan :
1. MOC 3021 x 1 buah
2. BTA41 x 1 buah
3. Resistor 330 ohm x 1 buah
4. Resistor 191 ohm ½ watt x 1 buah
5. Pin Screw 2 pin x 1 buah

                   Pin 2 pada MOC 3021 dihubungkan ke PortB.2 pada ATMega8 yang mana port tersebut adalah port PWM atau OC1B, sebenarnya jika dihubungkan ke OC1A pada PortB.1 juga bisa hanya perlu mengganti program bascomnya saja.


 
Program Bascom AVR
$regfile = "m8def.dat"
$crystal = 12000000

Config Lcdpin = Pin , Rs = Portd.4 , E = Portd.5 , Db4 = Portd.0
Config Lcdpin = Pin , Db5 = Portd.1 , Db6 = Portd.2 , Db7 = Portd.3
Config Lcd = 16 * 2

Dim Inputadc As Word

Config Timer1 = Pwm , Pwm = 8 , Compare B Pwm = Clear Down , Prescale = 1024

Config Adc = Single , Prescaler = Auto , Reference = Avcc

Start Adc

Cls
Cursor Off

Do

Inputadc = Getadc(0)

Pwm1b = Inputadc

Upperline
Lcd Inputadc

Loop


Cara Penggunaan Alat
                   Cara menggunakan alat ini pertama hubungkan minimum sistem dengan tegangan 12 volt atau 9 volt dc jika terdapat regulator 5 volt, namun jika tidak, bisa menghubungkan langsung tegangan 5 volt dc ke minimum sistem, kemudian hubungkan tegangan AC 220 volt yang telah dipasang lampu ke rangkaian pengendali tegangan AC, setelah itu alat siap digunakan, putar potensiometer mendekati nilai 255 maka lampu akan nyala semakin terang, namun jika nilai semakin turun menuju ke 0 maka lampu akan semakin redup.



VIDEO HASILNYA







4 comments:

  1. Mas klw rangkaian ini dbuat diarduino bisa nggak..

    ReplyDelete
  2. Gan mau nanya. Kalo pengntrolan itensitas chaya lampu nya mnggunakan via bluetooth bsa nga gan?

    ReplyDelete
  3. Gan saya nyoba pake pwm arduino. Tp rangkaiannya sama kaya di atas. Tapi ko saat redupnya malah kedip2 itu kenapa ya ?

    ReplyDelete
  4. Gan saya nyoba pake pwm arduino. Tp rangkaiannya sama kaya di atas. Tapi ko saat redupnya malah kedip2 itu kenapa ya ?

    ReplyDelete